Si Cantik Seruni I

Tepat pada pukul 3 sore saya bersama beberapa orang rekan sampai di wilayah pantai sundak. Salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan di daerah Gunung Kidul. Setelah menitipkan motor di tempat parkir menginap, kami bergegas menuju warung-warung makan yang terletak berjajar dengan warung cenderamata di sepanjang jalan menuju ke pantai. Pantai sundak sore itu terbilang cukup ramai. Meski tidak ada pertunjukkan yang diselenggarakan di lapangan seperti pada hari-hari libur.

Kami memutuskan untuk berhenti di warung soto pak temu. Sebuah warung langganan kami ketika berkunjung ke pantai sundak. Sambil mengisi perut, kami sempatkan untuk mengecek segala perlengkapan untuk berpetualang hari itu. Tenda, matras, pisau, korek api dan beberapa alat-alat lain. Ada beberapa teman yang juga menyempatkan diri untuk mengepack ulang barang bawaannya. Agar nanti ketika menyusuri pantai menuju ke Seruni tidak merepotkan. Semua barang elektronik dan barang berharga dibungkus dengan plastic sebelum dimasukkan ke carrier. Beberapa makanan ringan pun telah dikumpulkan menjadi satu.

Sekitar 30 menit kemudian kami berpamitan dengan pak temu untuk melanjutkan perjalanan ke seruni. Kami memang tidak bisa berlama-lama di sundak, selain takut kemalaman, kami juga sadar kalau jalur yang akan kami lewati akan tertutup oleh air pasang nantinya.

Perjalanan susur pantai kali ini kami mengambil jalur sundak-seruni PP. Tidak seperti perjalanan-perjalanan sebelumnya yang melewati barisan pebukitan yang tinggi, kami memilih jalur bawah di pinggiran pantai.

Menuju pantai seruni, kami membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Track yang kami hadapi pun cenderung lebih ringan. Tidak harus mendaki atau menuruni tebing dan jurang. Kami hanya perlu berjalan lurus mengikuti garis pantai. Namun begitu bukan berarti lalu jalur ini tidak menantang.

Di jalur pinggiran pantai ini terdapat beberapa karang yang harus kami lewati. Tidak terlalu tinggi memang, namun terjangan ombak yang tidak bisa diprediksi ketinggiannya, berhasil memainkan adrenalin kami. Tidak jarang kami harus menunggu di atas atau di balik karang untuk menunggu ombak agak surut. Karena jika kami teruskan bukan tidak mungkin air laut akam membasahi seluruh tubuh dan tas kami.

Setelah hampir 2 jam kami berjalan melewati karang dan bebatuan, kami sampai juga di wilayah pantai Seruni. Sebuah pantai yang cenderung tidak banyak diketahui orang karena sulitnya akses menuju pantai tersebut. Ketika sampai di seruni, kami menyempatkan waktu sejenak untuk menikmati pertunjukan senja di pinggir pantai.

Perjalanan ke seruni ini merupakan perjalanan ke dua yang saya dan beberapa teman lakukan. Setelah pada perjalanan sebelumnya kami melewatinya dari Timang menuju Sundak. Karena factor waktu yang pada waktu itu membuat kami tidak dapat berlama-lama di seruni, maka kami putuskan pada perjalanan kali ini kami menuju ke sini. Sekedar untuk menikmati keindahan pantai yang masih murni dan perawan. Belum tersentuh oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Yang dengan mudahnya datang berfoto ria lalu pergi meninggalkan kenangan dan kotoran.

Sekitar pukul 06.00 PM matahari mulai bersinar redup. Dan dengan perlahan menghilang di balik cakrawala. Meninggalkan bintang bersinar sendiri menunggu sang bulan. Segera saja kami dirikan tenda untuk tempat beristirahat malam itu. Beberapa teman yang lain pun sudah tampak sibuk menyiapkan air untuk makan dan minum.

Kami mengambil posisi tenda agak jauh dari pantai, di dekat sebuah saung. Agar ketika air pasang malam nanti, kami tidak terseret gelombang air laut.

Arkanhendra

Seruni in the morning (dok. sapusothil adventure)

Heading to Seruni (dok. sapusothil adventure)

1. Do like the photo’s…

2. in the end of march i’m going there. Then, get some nice pic and a story to share, *just hope that the weather will be clear,🙂 wish our luck, Letizia.