Pride

*) diedit dan diposting dari rumah lama

Dalam pandangan tertentu seorang pria boleh jelek. Mereka boleh miskin, tidak rapi, pengangguran dll. Namun tidak untuk harga diri terutama di depan mahluk yang bernama wanita . Biar kata bentuknya tidak beraturan dan cenderung acak – acakan jika dia masih memiliki harga diri, para wanita dan bahkan sesama pria tidak akan menganggap remeh apalagi sampai merendahkannya. Lain cerita meski dia seorang eksmud sekalipun. Jika tidak memiliki harga diri, tentunya pria tersebut tinggal memilih akan menjadi seperti suami seperti apa dalam serial sitkom “Suami Suami Takut Istri”.

Seorang pria bagaimanapun keadaannya wajib memiliki harga diri.

Lalu apa sih harga diri itu ? Harga diri bukan berrti seperti harga seorang pria dalam pandangan materi. Namun lebih tertuju pada cara pandang seorang pria terhadap dirinya sendiri. Seorang pria hakikatnya adalah menjadi pemimpin dan bukan yang dipimpin. Hal ini bukan berati wanita tidak bolah atau tidak bisa menjadi pemimpin, namun ketika lahir seorang pria sudah dibekali tanggung jawab yang lebih besar dibanding wanita. Jadi, bagaimanapun kondisi fisik atau finansial seorang pria jika dia memiliki sifat – sifat kepemimpinan untuk menjalankan tanggung jawabnya tersebut, maka dapat dikatakan pria tersebut berhasil menjadi seorang calon pemimpin.

Pria dikatakan sudah memiliki harga diri seorang lelaki jantan atau pejantan tangguh, jika mampu mempunyai sifat-sifat kepemimpinan. 

Seorang pria yang memiliki harga diri, tidak akan diremehkan baik oleh sesama pria atau wanita. Tapi jika hal yang terjadi sebaliknya, hal dimana seorang pria tidak mampu menjadi seorang pemimpin dan tidak mau memikul tanggung jawabnya sebagai lelaki. Maka boleh dikutuk bahwa pria tersebut tidak memiliki harga diri. Dan pastinya bukannya akan disanjung atau dihormati, malahan akan diinjak – injak. Meski dia telah menjadi seorang pemimpin sekalipun. Ingat tokoh pak RT pada komedi situasi Suami Suami Takut Istri? Apakah anda mau bernasib seperti dia? Tentu tidak! Dan pasti tidak bukan?

Pria yang kehilangan harga dirinya, tidak pernah akan terlihat jantan.  

Saya pernah membaca sebuah artikel yang menjelaskan bahwa sebenarnya para wanita menunggu setiap pria yang mampu menaklukan hatinya, yang penuh misteri dan sukar ditebak. Kenyataan tersebut didukung oleh fakta bahwa bukan wajah atau kekayaan yang dicari oleh seorang wanita. Buktinya, meski sudah bersuamikan orang kaya nan ganteng masih saja ada kasus perselingkuhan. Contoh paling baru adalah pisahnya KD, betapa tidak kurang kekayaan si anang, ketenaran dan ganteng pula. Tapi tetap saja memilih orang lain yang malahan belum jelas statusnya.

Apa yang dicari wanita selain penaklukan? Karena pada dasarnya mereka ingin ditaklukan oleh Sang Penakluk yang terhebat. 

Memang kadang dunia tidak adil. Ada cewek cantik yang menjadi pacar cowok yang  tidak-begitu kaya dan sedikit-jauh-disebut ganteng . Ada juga yang cowoknya ganteng, kaya malah berpasangan dengan cewek yang mungkin kurang cantik dan kurang menarik.

Yak, itulah dunia kadang memang tidak adil, tinggal bagaimana anda menyikapinya.

Demi harga diri itu pula saya rela menunggu sedikit lama –kurang lebih 1 jam– untuk sekedar pulang dari sebuah warung. Hanya karena lupa membawa uang saya harus menunggu sampai warung tersebut sepi untuk minta ijin ngutang dulu.

Pride is number One isnt it? 

“Memang sebagian dari anda akan menyebut saya terlalu jaim. Tapi tidak ada salahnya bukan saya jaim?  Bukankah setiap manusia tidak ingin terlihat lemah dihadapan manusia lain apalagi dalam hal yang berhubungan dengan wanita?”

Arkanhendra

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: