50-50 Spirits

“jonathan sampai kapan kamu mau tidur? Ayo bangun sudah sore ini!”

“Iya mah,…” jawab Jonathan sambil beranjak keluar dari kamarnya dengan suara yang tidak bersemangat.

Dengan langkah lemah, Jonathan berjalan menuju kamar mandi yang terletak di dekat dapur. Melihat tingkah laku anaknya yang tidak bersemangat membuat abahnya curiga. Di hari pertama sekolah seharusnya setiap anak akan bersemangat, karena selain bertemu teman-teman baru, dia juga akan menemui hal-hal yang baru juga. Namun hal tersebut tidak terjadi pada anaknya.

“jo, ada masalah di sekolah tadi?” tanya si Abah kepada Jonathan.

“ndak kok bah, Jo ndak apa-apa. Cuma capek mungkin tadi disuruh baris-baris sampe siang.

“Oh ya sudah kalau begitu, cuman kalau ada apa-apa kamu ngomong ke Abah.” jelas Abahnya.

“Iya Bah, sekarang Jo mau mandi dulu.” kata Jonathan sambil mengambil handuk yang dijemur di dekat kamar mandinya.

Setelah mandi Jo segera bersiap-siap untuk pergi ke lapangan. Sebenarnya dia sangat enggan untuk berangkat. Apalagi dengan kondisi tubuhnya yang capek karena kegiatan baris berbaris tadi siang.

Pada masa Ospek, setiap siang para siswa baru memang diwajibkan untuk mengikuti kegiatan baris berbaris. Kegiatan ini merupakan bagian dari masa orientasi sekolah. Selain juga untuk menjaring dan memilih anggota pleton inti (Tonti). Memang Jo sendiri tidak terlalu berminat pada kegiatan ini, namun dia berpikir kalau dia mengikuti kegiatan ini dia akan terbebas dari ajakan untuk ikut dalam seleksi yang diadakan tim basket Jagad Lima.

Namun ternyata rencananya tidak berhasil. 2 hari setelah keikutsertaannya di latihan yang diselenggarakan TIm basket Jagad LIma yang lalu, para senior memintanya untuk ikut latihan rutin yang di adakan setiap senin malam dan kamis malam. DAri hasil seleksi hari pertama terpilih 5 orang termasuk dirinya yang di minta untuk mengikuti latihan rutin. Tercatat hanya satu orang saja yang meski tidak mengikuti seleksi awal namun tetap diminta untuk hadir disetiap latihan, dia adalah Kalingga.

Jam menunjukkan pukul 18.00. Setelah selesai sholat maghrib Jo segera berangkat ke lapangan Sma Jagad Lima untuk mengikuti latihan. Dengan diantar oleh Abahnya dia pergi, meski masih dengan perasaan tidak bersemangat.

Sesampainya di lapangan disana sudah ada beberapa anak yang sedang melakukan pemanasan. Beberapa diantaranya sudah dikenalnya, para senior dan beberapa teman seangkatannya. Normandy, Hanugra, Hengky dan Kalingga. Setelah berbasa basi sebentar Jo segera melakukan peregangan dengan berlari mengelilingi lapangan, ditemani oleh Hanugra dan Hengky.

“Eh katanya 2 minggu lagi kita mau ada sparing ya?” tanya HEngky.

“Wah ndak tau aku Ki.” jawab Hanugra.

“Jo, nek menurutmu kita bisa ikutan main ndak ya?”

“Wah ndak tau, Ki. Yang penting mah latihan aja dulu, kepilih atau ndak ngga usah kamu pikirin” jawab jonathan datar.

Jonathan memang tidak terlalu memusingkan apakah dia bisa bermain atau tidak. Malahan dia ingin agar dirinya dicoret dari tim. Dia berpikir lebih baik posisinya diisi oleh anak lain yang lebih berminat dan bersemangat. Karena dia sudah jenuh untuk bermain basket.

Meski sangat tampak tidak terlalu antusias dalam latihan namun jo tetap serius menjalankan setiap sesi latihan. Hasil didikan selama di klub ternyata masih membekas padanya. Dulu ketika di bandung, Jo mendapat seorang pelatih yang sangat disiplin. APapun keadaannya setiap pemain harus bertanggung jawab penuh kalau dia sudah memutuskan untuk datang ke lapangan.

Karena kedisiplinan itulah meski dia tidak berminat untuk bergabung dia tetap terlihat serius ketika latihan. Berbeda dengan beberapa siswa lain yang tampak hanya ingin terlihat hebat di mata para senior. Dan nantinya, kedisiplinannya itulah yang membantunya mendapat kepercayaan dari para senior, meski hanya dengan semangat yang 50-50 -pada awalnya-

Arkanhendra

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: