WorldCup 2010#1 – Sejarah 18 Kali Gelaran Piala Dunia

Tinggal kurang lebih beberapa jam lagi gelaran pentas sepakbola dunia akan dimulai. Dengan pihak Afrika Selatan sebagai tuan rumahnya banyak yang memperkirakan akan adanya kejutan -kejutan saat kompetisi berlangsung. Sebagai informasi piala dunia kali ini merupakan piala dunia yang ke 19.

Gelaran pesta seluruh pecinta olahraga sepak bola ini nantinya akan disuguhkan berbagai penampilan terbaik para pemain – pemain dunia. Seperti biasa akan bermunculan wacana – wacana siapa yang akan menjadi kampiun di pesta yang untuk pertama kalinya diadakan di benua afrika. Beberapa ahli dan mantan legenda sepak bola sudah mengemukakan jagoannya masing- masing. Seperti yang ditulis oleh harian BOLA bahwa spanyol merupakan kandidat terkuat dan sekaligus favorit juara utama dalam gelaran piala dunia yang ke 19 ini. Lalu bagaimana dengan itali, brazil, argentina, jerman, belanda dan tim – tim kuat lainnya.

Well, alasannya cukup sederhana jika melihat komposisi tim dan track record yang dimiliki spanyol. Mereka memang paling pantas hadir di puncak acara tanggal 11 juli nanti. Predikat tim yang paling modifikatif disematkan pada tim dari negara matador ini. Beberapa skenario tentang komposisi tim telah menampakkan kekuatannya. Pada 3 laga persahabatan sebelumnya Tim La Furia Roja (sebutan lain tim matador), berhasil meraih kemenangan meski hanya pada laga terakhir mereka mampu menunjukkan kelas mereka sebagai calon kuat juara.

Cukup untuk spanyol, kini kita beralih siapa kandidat finalis lainnya ? Apakah argentina, brazil, belanda, atau mungkin afrika selatan selaku tuan rumah ? Kalau saya boleh menerka dan menjawab, kandidat finalis yang lainnya kemungkinan besar akan menjadi milik sang kolektor gelar terbanyak, negara dimana sepak bola telah mendarah daging, Brazil.

Alasan saya sederhana, karena Brazil berasal dari benua amerika. Pemilihan brazil menjadi kandidat finalis bukan tanpa alasan. Jika kita melihat track record dari ke18 gelaran piala dunia, akan muncul sebuah fakta yang mengagetkan. Yaitu fakta mengenai negara – negara eropa akan tampil sebagai kampiun hanya ketika gelaran tersebut juga diadakan disalah satu negara eropa. Sedang jika gelaran pentas dunia tersebut diadakan di benua amerika dan benua selain eropa maka besar kemungkinan kampiun akan diraih oleh negara dari benua amerika.

Berikut beberapa fakta ketika gelaran piala dunia diadakan di salah satu negara di benua amerika. Pada tahun 1930 piala dunia pertama uruguay selaku tuan rumah tampil sebagai juara setelah mengkandaskan argentina difinal puncak.  Lalu tahun 1950 Brazil sebagai tuan rumah lolos di partai puncak bersama uruguay. Tahun 1962 di chili, lagi – lagi Brazil tampil dipartai puncak bersama negara ceko yang akhirnya dimenangkan oleh Brazil. Di tahun 1970 kembali Brazil tampil sebagai kampiun setelah mengkandaskan perlawanan italia, saat itu meksiko menjadi tuan rumah. Pada 1986, saat meksiko kembali didaulat  menjadi tuan rumah, Argentina mengalahkan Jerman Barat di partai puncak. Sedang pada tahun 1994 ketika negara paman sam Amerika Serikat menggelar piala dunia. Para pendukung tuan rumah harus merelakan podium untuk sang juara Brazil setelah mengkandaskan italia lewat adu pinalti.

Alasan lain Brazil –sebagai kolektor juara terbanyak– akan menjadi partner spanyol di partai puncak adalah, tercatat jika gelaran piala dunia di negara selain benua eropa dan amerika. (2002, di korea-jepang) Brazil berhasil mencatatkan diri sebagai juara kembali setelah mengalahkan jerman. Ditambah bahwa tercatat Brazil menjadi negara satu – satunya yang mampu meraih juara ketika Piala dunia diadakan di benua eropa, yaitu pada tahun 1958 ketika swedia sebagai tuan rumah mampu menyodok ke partai final yang akhirnya dikandaskan oleh Brazil. Lalu bagaimana dengan negara – negara eropa ? Ternyata menurut sejarah mereka jarang  meraih juara ketika piala dunia diadakan di luar benua eropa ? kutukankah ? mungkin.

Jadi berdasar pada alasan – alasan tersebut bukan tidak mungkin pada gelaran piala dunia di Afsel ini akan diraih kembali oleh Brazil.  Dan bursa transfer pun sudah menjagokan kedua negara ini menjadi kandidat finalis paling ideal. Partai penutup yang menyuguhkan juara piala konfederasi 2009 dan juara piala eropa 2008. Pertemuan antara pendiri dan penerus permainan aliran jogo bonito. Semua akan terjawab nanti pada tanggal 11 juli di afrika selatan. Dont miss it !!! (data sumber : harian bola, edisi cetak, tanggal 10 juli 2010)

Arkanhendra

    • bilal
    • June 11th, 2010

    thanks infonya visit : akhmad06.student.ipb.ac.id

    youre welcome ,… segera ke TKP gan …:mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: