Enaknya Jadi Koruptor (Ketika China Berbicara)

Dapet duit banyak. Dapet ce tinggal milih mo yg casing kek gimana. Dapet musuh ilangin. Eh masuk penjara, Dapet fasilitas macem hotel. Yah begitulah Nasib para koruptor atau para makelar kasus. Meski mereka dihujat, dicaci direndahkan. Namun dengan hasil peruntungan yg mereka dapatkan tidak membuat mereka berkecil hati. Malahan mungkin malah berbangga hati. “..terserah lo mau bilang apa , mo ngejek kek apapun kaga ngaruh buat gw, yg penting gw mah dah suksess, nah lo ?? makan tu derita jadi orang jujur !! miskin, miskin lo !! hahhahahaha….” –curhat ga jelas para koruptor dari dalam terali besi–

Beberapa waktu yg lalu, ketika melihat-lihat dunia per-FB-an, saya menemukan sebuah akun grup dari sebuah kelompok yg dulu pernah mengguncang seluruh penjuru indonesia. Kelompok tersebut adalah Partai Komunis Indonesia . Anda semua tentu ingat bukan bagaimana kelompok bersangkutan berubah dari sebuah partai yg berkonsep komunis berubah menjadi kelompok radikal yg sempat ditakuti dan dihindari.

Pada waktu melihat wall yg bersangkutan saya menemukan banyak sekali komen2 yg kasar , saling ejek bahkan saling menghujat. Memang trackrecord mereka tentunya harus menjadi pertimbangan untuk memberikan komentar yg biasa2 saja. Akan tetapi ada hal yg menarik yg saya temukan ketika membaca beberapa komentar yg bersifat netral –tidak terlalu memihak, namun hanya memberikan pandangan–

Komentar tersebut mengambil contoh negara china sebagai pembanding. Karena kita tahu negara china berhaluan komunis.
Perbandingan yg dilakukan adalah dalam pemberantasan korupsi . Jika kita lihat indonesia yg berhaluan demokrasi pancasilais terlalu lembek –jika boleh saya katakan seperti itu– bila dibandingkan negara china yg berhaluan komunis. Salah satu buktinya, mereka –china– memberikan hukuman mati pada setiap koruptor yg terbukti. Hal yg sangat jauh sekali –seperti langit dan bumi– jika melihat negara kita yg sangat negosiatif terhadap para pelaku koruptor. Bisa ditangguhkan, paling2 kalo dipenjara cuman berapa tahun itu aja bisa kurang ga mungkin lebih . Dan hebatnya ketika dipenjara pun ya seperti mereka berlibur, bisa telpon eh BB-an.

Dan beberapa waktu lalu ketika saya melihat sebuah media nasional yang menyajikan running text yang berisi berita terkini. Saya membaca bahwa Pemerintah china telah menghukum hampir 3000 pejabatnya yang ketahuan korupsi atau menerima suap. Sedang indonesia ga nyampe 10 kasus aja sudah terlihat merasa lebih hebat dari china. Ngejek barang cina barang murahan lah apalah… Ingat negara yang menciptakan barang -barang murahan itu yang telah mempertahankan piala thomas dan uber selama beberapa waktu.

“ckckck sadaro to  le, yen nang nduwur langit iku ijih ono langit sik luwih duwur neh….  “

Arkanhendra

    • mala
    • May 22nd, 2010

    emang ngeselin nunggu heroisme pemerintah nanganin masalah koruptor, mas.

    tapi kalo hukumannya DORRR nggak manusiawi juga ya.. ya tapi kalo dimanja begitu tetap nggak adil sama para teroris yang ditembak mati. sama pembunuhnya ya? (hyaaa balik nanya)

    siapa bilang produk china murahan? saya beli modem made in china tetep aja mahal *nggak penting*

    memang sih, tapi dari beberapa barang buatan cina yang dijual dipasaran bisa dipastikan harganya lebih miring dari produk buatan negara lain….:mrgreen: hehehehehe
    btw mungkin barang cina yang kau beli bukan barang yang meniru produk lain, alias asli cina oriented and maded x …😀

  1. mas, jd alasan km cuti blog adalah mengurus para koruptor ya?
    hihihi….
    kalo di china koruptornya dhukum mati ya, mas?
    mnrt saia kalo dterapkan di indonesia krg tepat jg siyh…
    aplg kalo yg korupsi macam gayus gt…hehehe
    yah, bkn krn alasan HAM, tapi kalo dihukum mati berarti uang negara gak kembali…..
    susah jg kan…hehehe
    jd enaknya dihukum apa ya?😉

    ia nih panggilan hati buat ngurusin koruptor… wkwkwk *boong bgt
    nek saranku sih mending dihukum jadi tukang sapu jalan aja,… kerja sosial selama seumur hidup tanpa digaji, buat nebus uang yg dikorupsii…. setuju ga ??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: