the Story of Victory.

Kemenangan. 
—————- 
Apabila anda ditanya tentang kemenangan apa yg akan terbersit dipikiran anda ?
Apakah itu dalam suatu pertandingan olahraga, perkelahian, ataupun perdebatan. Dalam meraih kemenangan itu, bagaimana anda meraihnya ? Apakah dengan usaha yg keras atau hanya usaha yg minimal ?

Banyak ahli dan pemikir mengatakan bahwa ada 2 cara untuk meraih kemenangan ,

#1 dengan menghalalkan segala cara baik itu cara yg baik atau licik
#2 hanya dengan cara2 yg baik saja dan anti menggunakan cara2 licik

Dari kedua cara diatas, kita tidak bisa menhakimi bahwa cara 2 lebih baik atau lebih terhormat. Dalam konteks keberhasilan cara yg pertama memiliki tingkat kesuksesan lebih besar daripada cara ke 2 . Lalu jika cara pertama telah terbukti lebih baik (efektif dan efisien) dalam meraih tujuan, mengapa banyak orang yg berpura2 tidak mengakuinya ?

Bagi manusia indonesia, yg masih kental dengan budaya timur, tentunya akan memilih cara ke2 yg sesuai norma2 sosial yg ada. Namun bagi bangsa barat yg notabene lebih maju dan terkenal akan budaya bebasnya –meski bukan kebebasan mutlak– mereka cenderung memilih cara pertama.

Jika memang benar cara ke2 lebih baik secara segi moral, mengapa banyak orang lebih memilih cara pertama ? apakah karena mereka hanya berorientasi pada hasil ?
Maka bagi orang2 itu tidak akan mengenal proses, mereka lebih berpikir yg penting menang dan tidak melihat proses yg memenangkan mereka.

Bagi pihak yg kalah, tentunya mereka akan bersedih. Namun dibalik kesedihan dari kekelahan itu mereka akan menemukan pembelajaran. Dan dapat dipastikan mereka akan jauh lebih berkembang daripada pihak lain yg berorientasi pada hasil. Learn by process, not learn by purposess. 

Karena kadang jika tujuan telah tercapai biasanya kita akan merasa cukup puas, sehingga tidak akan ada perkembangan, karena tidak adanya proses pembelajaran .

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: