The Chronicles of nDangdit

Dangdut is the music of my country,..
Sebuah lirik dari lagu yg dinyanyikan oleh sekelompok grup-musik-vokal-parodi project pop. Dalam lagu itu menjelaskan bahwa dangdut yg selama ini merupakan musik kalangan bawah , jangan dianggap remeh.
Namun bagaimana dengan dangdit ??

Dangdit sebenarnya adalah dangdut juga. Sebuah musik yg sering dipedengarkan di masyarkat kalangan bawah . Dengan lagu- lagu yg enak didengar dan dicerna musik ini menjadi hiburan para wong cilik, karena sudah muak oleh adegan sinetron para pansus yg panas. Sepanas rekaman sadapan telp antara antasari dan rani mantan istri zulkarnaen.

Pada masalah irama, dangdit pun tidak jauh beda dengan dangdut. Tetap mengusung irama yg mampu mengajak kita semua untuk berjoged dan bergoyank seperti gurita cikeas yg gembira karena profit dari penjualan kontroversial yg didapatkan. Dengan suara khas dari kendang dan seruling yg merupakan 2 hal wajib untuk mengeluarkan ruh dari irama dangdut itu sendiri.

Lalu jika dangdit adalah dangdut kenapa harus dibedakan ?

Jawabannya mengalir begitu saja seperti kata-kata para saksi yg dipanggil terkait kasus bank century. Dangdit itu ya dangdut, tapi dangdut yg genit makanya dinamakan dangdit . Contohnya adalah dangdut koplo yg marak digelar pada acara-acara seperti pernikahan atau sunatan . Benar -benar ga kebayank, orang abis sunat ko ditontonkan dangdut koplo, bisa robek tuh jahitannya!!

Ciri khas dari dangdit atau dangdut koplo ini adalah penyanyinya yg hampir 100% cewek. Nah,sudah terbayang kan betapa hebohnya dangdut ini ? Apabila musik dangdut dinyanyikan tidak hanya oleh wanita tapi juga pria, hal yg sebaliknya terjadi pada dangdit. Entah unsur apa yg ingin dipertahankan sampai harus menggunakan penyanyi- penyanyi wanita dengan gaya menggoda. Belum cukup dengan memperlihatkan gaya yg menggoda, para penyanyi itu biasanya menggunakan pakaian-pakaian mini yg seksi untuk menaikkan tensi penonton. Jadi teringat suasana sidang pansus yg didalamnya terdapat orang-orang yg mampu menaikkan tensi pemirsa dirumah, pantes acara -acara seperti itu ratingnya tinggi ampe ngalahin sinetron sekalipun.

Jika musik dangdut merupakan musik yg menyenangkan dan bisa merupakan media dakwah. (==> kata bang haji roma) Kalau musik dangdit hanya musik dangdut yg digunakan orang -orang “nakal” yg hanya bisa membuat lirik-lirik “mengundang” ditambah goyangan-goyangan “maut” untuk menghibur penonton. Jadi dangdit bisa disebut sebagai wajah lain dari musik dangdut yg menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia . Masyarakat keturunan ras nggunungnya atlantis yg sangat haus akan tontonan dan lelah akan adegan -adegan allay ala para politisi yg kadang terlihat seperti anak TK yg berebut mainan.

    • danis
    • January 20th, 2010

    Hahahahahahah
    akus seneng dangdut koplo bul
    ayo dewe gawe konser dangdut koplo ning mipa
    pas acara final sbl
    emang dangdit ki tenanan bul?

    ha2 dangdit ki yo olehku le nyebut dangdut koplo..
    wakakakak kowe rung erti sik judule “bojoku nakal” …bruakakakkk ndagel e puoollll:mrgreen:

    • DITE
    • January 20th, 2010

    hahahaha…kok yo koe entuk kata2 dangdit ki sko ndi pak??
    tapi cen masyarakat indonesia ki krg hiburan…pnyanyi “ndangdit” yg bginian kdg2 suka kasian jg…mrk cari uang jual suara tp kan yo gak usah nganti njengking mbak…suwek ngko rokmu heheu
    tpi justru yg njengking2 itu yg bnyk penggemarnya.aneh ya?

    dangdut klo diorganize sedemikian sehingga hasilnya bgs jg kok…nyatane sing lagu2 indiahe kae jg dpt tempat dihati para pendengar indonesia.

    yah pada intine kabeh lagu ki apiklahh…toh saya jg sng sam lgu dgdut..asal jgn lebay!!

    wah setujuh jeng mbek pendapatmu, mbuh kie mah mau kelingan olehmu njoged2 pas nonton indihe2 jahe mere kettumbare nang TBY ..

  1. ngakak baca komennya..😀

    pnikmat dangdit jg mas?

    ha2.. gitu dh , tapi jauh lebih seneng dangdut..😛

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: