Kisah Tiga Negara, Dulu,dan Kini

Kisah Tiga Negara (Hanzi: 三國演義, hanyu pinyin: sānguó yǎnyì, Bahasa Inggris: Romance of the Three Kingdoms) adalah sebuah roman berlatar-belakang sejarah dari zaman Dinasti Han dan Tiga Negara. Di kalangan Tionghoa di Indonesia, kisah ini dikenal dengan nama Samkok yang merupakan dialek Hokkian dari sanguo atau tiga negara.

Sering orang salah kaprah akan perbedaan Kisah Tiga Negara atau Kisah Tiga Kerajaan mengingat terjemahan bahasa Inggris dari roman ini adalah Romance of the Three Kingdoms, namun pada sebenarnya, yang tepat adalah Kisah Tiga Negara mengingat pada klimaks roman ini, ketiga pemimpin yang bertikai; Cao Cao, Liu Bei dan Sun Quan masing-masing telah memaklumatkan diri sebagai kaisar dan mengklaim legitimasi sebagai kekaisaran yang mewarisi Dinasti Han yang telah runtuh.


referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Kisah_Tiga_Negara

Kisah tiga negara pada jaman dulu , yang merupakan karya sastra bangsa cina. Sedang Kisah tiga negara jaman sekarang tidak terjadi di cina dan bukan merupakan sebuah karya sastra. Kisah itu kini dapat dianalogkan sebagai perwujudan dari 3 kekuasaan besar yang memperngaruhi dunia. Ketika dulu kisah tiga negara berlatar belakang negeri tiongkok, namun sekarang berlatar belakang dunia. Proses generalisasi yang berawal dari analog sederhana tentang perpetaan sederhana ditunjukkan oleh kesamaan beberapa hal. Salah satunya adalah 3 kekuasaan yang telah disinggung diatas yaitu; AS ,Negara-negara Islam/ Arab dan Negara-negara Unieropa. Ketiga negara inilah yg berpengaruh dalam percaturan dunia, baik segi politik , ekonomi maupun agama.
Dalam percaturan dunia , ketiga kekuasaan tersebut juga dapat melambangkan 3 bangsa yang pada zaman pertengahan berseteru dalam memperebutkan kota jerusalem dipalestina. Jika pada masa itu kota jerusalem sebagai objek perwujudan dari penguasaan , sedang dimasa roman tiga negara objek penguasaannya berupa daratan cina. “Teringat film Kingdom Of Heaven yg dibintangi orlando bloom. Menceritakan pertempuran demi memperebutkan kota jerusalem .”

Tiga bangsa yang sampai saat ini masih bersaing -meski secara kasat mata- adalah ; bangsa Arab yg beragama Islam, bangsa Yahudi yg beragama yahudi, dan bangsa eropa yg beragama kristen. Bangsa Arab memiliki kekuasaan berupa penyuplai minyak dunia. Bangsa Yahudi memiliki kekuasaan yg berpengaruh di AS sebagai negara adikuasa. Sedang agama Kristen dengan kekuasaan Paus yg bertempat diEropa. Sehingga jika dilihat merunut pada sejarah dunia. Apa yang terjadi dimasa kini hanyalah pengulangan dari apa yang terjadi di masa lalu . Jika hal ini memang benar, maka tentunya sejarah dunia yg dibayangi akan peperangan dan pertempuran demi 3 G itu juga besar kemungkinan akan terjadi kembali. Pertanyaannya adalah kapan dan apa yang akan kita lakukan untuk “menyambutnya“.
Dengan belajar dari sejarah maka kita akan dapat mengerti tentang apa yang harus kita lakukan terhadap permasalahan dunia kini. Karena Kisah Tiga Negara –ditulis dengan apik oleh Luo Guanzhong dengan komposisi sekitar 70% berdasarkan fakta sejarah dan sisanya murni fiksi karangan ia sendiri– sebenarnya membawakan penggalan kisah yang sangat menarik yang sebenarnya diambil dari kejadian nyata di zaman-zaman lain yang tidak ada kaitannya dengan peristiwa di masa Tiga Negara.

  1. maav bru sempat mmapir nih, mas………..
    jadi, dari 3 negara nanti yg menang siapa nih, mas?
    dulu prnh nonton Kingdom of Heaven, tapi agak bingung ama jln ceritanya…
    aku lebih tertarik nonton Orlando siyh…hihihi

    tak apo2 wah itu sih misteri illahi … he2:mrgreen:
    itu critanya da raja bego yg mo nyerang saladin tapi ga persiapan akhirnya sampe sana pasukane dh pada tepar alias tewas. Trus tuh raja jadibahan olok2 dh , smntara c orlando bloom tuh berusaha mempertahankan kota dari saladin yg balik nyerang , *spertinya sih, coz tiap nonton ga pernah full dari depan..*terganggu oleh sinetron ..hiks..hiks

    • aribicara
    • December 30th, 2009

    Kalau kita disini hanya tugu perkembangan ulah para pemimpin2 dunia bro …

    Tapi semoga aja jangan sampai terjadi perang lagi atas dasar agama dech🙂

    wah amit2 sob…. cukup dh perang atas dasar agama di jaman pertengahan , skrang mah jgn sampe ada deh…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: