Fastbreak, antara Kecepatan dan Ketepatan

Dalam dunia basket , salah satu hal yang penting dalam meraih kemenangan dalam setiap pertandingan adalah point. Karena permainan bola basket merupakan permainan yang menggunakan jumlah skor sebagai penentu hasil akhir. Dan tidak seperti sepak bola dimana ada hasil seri , dalam bola basket istilah itu merupakan tabu.

——————————————————————————————————————————-
Lalu jika permainan bola basket hanyalah permainan siapa yang banyak mengumpulkan skor maka fokus dari permainan itu adalah mencetak nilai sebanyak- banyaknya dalam waktu 4 kuarter (@ kuarter = 10-12 menit). Bagaimana hal tersebut dilakukan tentunya sudah bukan merupakan hal rahasia lagi . Karena hampir setiap abas (anak basket) -orang2 yang mengetahui permainan basket- tahu dengan pasti cara paling efektif dan efisien adalah dengan serangan fajar atau lebih dikenal dengan fastbreak.
Fastbreak adalah salah satu model serangan dalam bolabasket yang menyerang dengan cepat dan tepat . Tidak memberikan sedikit pun celah bagi musuh untuk mengantisipasi. Serangan ini memiliki banyak model dan variasi. Penggunanya pun dapat berbeda-beda, ada yang menggunakan sistem 2 orang -1orang rebounder dan 1 orang pointtaker-, sistem 3 orang atau lebih . Bahkan ada sistem 1 orang dimana dia sebagai rebounder dan dia juga sebagai pointtaker.
——————————————————————————————————————————
Maksud dari serangan fajar sebenarnya hanya sederhana . Kita semua tahu bahwa setiap benda didunia yang memiliki massa patuh pada HK Newton I -mengenai kelembaman- Hukum ini menjelaskan bahwa setiap benda akan mempertahankan kondisi awal . Jadi apa yang terjadi jika tim musuh yang sedang menyerang tiba-tiba harus dipaksa bertahan dalam waktu yang singkat?? maka tentunya akan memberikan celah atau kesempatan bagi tim lawan untuk menyerang balik , bahkan mencetak point.
Tingkat keberhasilan serangan ini ditentukan oleh 2 hal, Kecepatan dan Ketepatan dari eksekutor fasbreak itu sendiri. Apabila seorang eksekutor memiliki kecepatan namun tidak memilliki ketepatan , maka fasbreak hanya akan menjadi shock terapi saja, namun jika kedua hal diatas dapat dipenuhi ,maka anda akan mendapatkan 2 atau bahkan 3 point secara singkat, dalam waktu yang relatif cepat. So, ? what do you think about that ??
——————————————————————————————————————————
Sama halnya ketika kita mendapat lawan yang tangguh dalam hidup , seperti misal bos yang agak rewel, agak perfeksionis namun katrok, sok tau ,intinya nyebelin buangetttt. Klien yang super rese, pelanggan yang bisa bikin orang sebaik putri salju berubah jadi putri setan aka kuntilanak. Kita harus bisa mencari kesempatan atau celah untuk menaklukan musuh- musuh kita.
Melalui serangan fajar kita diajarkan untuk selalu waspada, mampu membaca arah gerakan musuh , dan mampu dalam waktu singkat mengantisipasi gerakan tersebut dan mengkonversinya menjadi hal yang dapat menguntungkan kita.
Sehingga kesimpulannya, cara berpikir seorang fastbreaker yang cepat dan tepat merupakan senjata ampuh kita dalam meraih goal (tujuan) seperti dalam permainan bola basket yang tujuannya adalah kemenangan.

look it , anticipate it , than execute it …

  1. di basket nggak bisa “berdamai” ya??

    *bukan abas, ni 😀

    berdamai maksudnya?? yah pastinya ente bukan abas , abas kan nama cowo,..wakakkakk -meski ente juga rada mirip sih …ixixiixx

    • mala
    • December 21st, 2009

    oooooo, jadi istilah abas cuma buat cowok??!

    sial! ngapain pake ngomen abas sgala??!

    rada mirip apaan??!😛

    ampun la…. ampun…:mrgreen: abas tadi bis maen n dia minta dicomenin ,… maap2 rada mirip co gitu (ltiba2 terbayang dirimu yg sedang nglamar kerja/wawancara …ckckckck ):mrgreen:

  2. ccckkk…
    keren nih…….
    menghadapi lawan dlm hidup sama kayak menghadapi lawan di arena basket….
    tapi, kalo di basket kan orientasi kita cuma kemanangan…
    lha, kalo kita kalah gimana?
    berarti kita gak bisa nerima kekalahan dong?
    hehehe

    jgn salah neng dalam basket yg penting kita berusaha perkara menang kalah urusan ntar… lagian walupun kalah kita juga ga bakal ngerasa down n kecewa bgt kalo pas abis maen smua penonton kasih standing ovation … !!!:mrgreen:

    • richardtanzil
    • January 11th, 2010

    Fast break adalah cara yang paling efektif untuk mencetak angka sebenarnya.

    Cara ini dipopulerkan oleh Boston Celtics di zaman 60’s yang saat itu dipimpim oleh Bill Russell, Bob Cousy and his gangs, berkat cara ini mereka (The Celtics) menang 11 juara NBA dari 13 tahun Russell berada di sana.

    Bahkan mereka sempat menang di 8 tahun berturut2 yang merupakan record (Lebih bagus dari 3peatnya Bulls and Lakers)

    Cara ini membutuhkan seorang center yang bagus dalam rebounding dan outletpass (mengoper bola langsung ke depan) contoh: Bill Russell

    Dan kumpulan pemain yang bagus dalam penyelesaian akhir.

    Hope this helps.

    its really helps..thanks..:mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: