Pelajaran Penting bagi Generasi Muda.

==> serius mode on..:mrgreen:

Mata kalong, badan lunglai lemes, perut keroncongan menandai betapa semalam simpanan energi ku telah kuhabiskan . Demi menyentuh , menatap penuh arti, berimajinasi, sampai merefleksikan diri ketika adzan subuh berkumandang mengingatkan ku akan kewajiban ku sebagai seorang muslim. Dengan waktu kurang lebih 1 jam kuistirahatkan sejenak batin dan fisikku, mengingat kewajiban ku yang laen telah menanti, yaitu ngojekin ibukku sampai kekantornya. (ko malah jad curhat?!?).
Okelah kalo beg..beg..begitu, ketika kuda besiku mengantarkanku pulang seketika sebuah ilham jatuh tepat kekepalaku, menghadirkan berjuta -juta rangsangan ke neuron – neuron diotakku untuk merangkai kata. Sebuah ilham yang tanpa sadar sangat berpengaruh dalam kemajuan bangsa dalam pendidikan. Yah, ada suatu pelajaran penting bagai generasi muda yang kupetik dari hasil pemenuhan hasratku tadi malam. Sebuah novel berjudul 5 cm yang seakan dicetak dari sbuah mesin tik namun dengan huruf berwarna putih, dalam alas cover hitam. Dipojok kiri atas terdapat logo national best seller, membuktikan buku itu bukan buku sembarangan -apalagi setelah melihat bahwa buku itu telah mencapai cetakan ke 10.
Singkat cerita buku itu menceritakan kisah 6 anak manusia yang berpetualang mendaki puncak mahameru untuk mengikuti upacara kemerdekaan Replubik Indonesia.
Dari buku itu seketika aku merasa dipukul oleh Mike Tyson -sebelum dia memasuki penjara- ,atau Evander Hollyfield -ketika salah satu daun telinganya masih utuh- , atau oleh Mohamad Ali -ketika tangannya dan bagian tubuhnya yang lumpuh masih bisa digunakan untuk menghajar musuh-musuhnya-.

Sebuah ungkapan yang ada didalam buku itu yang sempat dibahas oleh ke 6 tokoh itulah yang memukulku, (untung cuman ungkapan kalo ga mah dh tak laporin keKOMNASHAM:mrgreen: ). Ungkapan tentang ,” betapa Yang Maha Kuasa memberikan pilihan sebebas-bebasnya dalam menjalani sebuah Masterpiece kehidupan yang dibuatNYA untuk setiap mahluk bernama manusia yang sangat dicintaiNYA.” (kurang lebih gitu sih bunyinya,..).
Setiap manusia ketika lahir pasti sudah mempunyai Life Map yang Made by God (Made by ALLAH), -dan hal ini bukan berarti jalan hidup kita sudah mentok- namun kita dibebaskan dalam menjalani Life Map tersebut. Dan disinilah letak kebesaranNYA , ketika apapun ,dan dimanapun jalan yang kita pilih kesemuanya telah terpetakan (namanya juga Life Made by ALLAH !!.)

“Pilihan”, kata kunci inilah yang terus terngiang-ngiang -karena salah satu teman dan sahabatku pernah mengatakan, “…dalam hidup itu cuman ada 3 hal ,yaitu, pilihan, perjuangan dan berbagi…”. Memang waktu itu aku hanya menanggapi sepintas saja mengingat itu mungkin hanya ungkapan yang puitis saja. Tapi saat ini, buku berhalaman kurang lebih 370an (yang telah kuselesaikan dalam waktu semalam!!🙂 ), telah menyadarkanku bahwa sejak awal Tuhan melalui rancangannya telah mempersiapkan mahluk yang paling dicintaiNYA untuk belajar dan mencari tau, agar dapat mengerti maksud dan tujuan klasik -bagi manusia- tentang kenapa kita diciptakan dengan perbedaan ,dan kenapa kita diciptakan kedunia ini sebagai mahluk yang mempunyai akal dibanding mahluk lainnya.

“sebaik-baiknya manusia adlah manusia yang bermanfaat bagi orang lain …. ” (“5 cm” , Donny Dhirgantoro)
pertanyan yang harus kita tanyakan apakah kita sudah menjadi manusia yang seperti itu ??
jawaban yang hanya anda dan Tuhan yang tahu.

nb: meski belum , tapi saya akan dan sedang berusaha..

  1. bener banget…menjadi berguna itu susah🙂

    btw lebih susah mana neng sama menjadi manusia ?? kaya yg diiklan rokok itu loh..
    susah jadi manusia..:mrgreen:

  2. hooo, emang serius kayaknya..😛

    siapa sih nggak tau kalo maksud tuhan sbenarnya baik (banget) buat ciptaanNya? hanya saja, banyak ciptaannya trutama manusia banyak yang nggak sabaran, bego, sok tau, shingga sring salah arti sama maksudnya Tuhan (trmasuk saya kayaknya).
    nyambung nggak sih??

    nb. baidewe tuh ilham jatohnya kok ya nggak liat2, uda tau yang punya kuda besi lagi nunggang kuda besinya.. mana ilhamnya srius banget gitu..😛

    aduh mala…. buat kamu apa sih yang ga ??…😀
    ga tau iseng bgt si ilham , kaya ga da kerjaan ja:mrgreen:

  3. Pastinya kita selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dihidup kita, kita yg berencana Tuhan jg yg menentukan.
    hehe sok tau bgt yah diriku😀

    bdw mas, saya sering ngejunk di trit regional jogja😀
    hehe bagi cendol dunk..wkwkwk
    salam kenal nick kaskus saia margeraye

    siapp segera ke TKP….:mrgreen:

    • tary
    • December 10th, 2009

    “Pilihan” kata kunci inilah yang terus terngiang-ngiang
    aku juga lagi menghadapi 2 pilihan yang sulit, baru aja kemarin mantepin niat untuk tetep kukuh pada satu pilihan, ehhh hari ini dateng lagi tawaran2 yang menggiurkan jadi harus menentukan pilihan lagi, ternyata mau jadi orang yang teguh pendirian itu sulit sekali ya.

    setubuh…!!! eh setujuhhhh!!!! ^_^:mrgreen:

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: