Count Dracula dan Bank Century

Bram Stoker

based on the story of Bram Stoker’s Dracula.

The CountMata cekung berwarna gelap , wajah tirus dan mata merah. Badan kurus dengan warna agak pucat begitulah Bram Stoker menggambarkan sosok bangsawan dari daerah Transylvania bernama Count Dracula. Tokoh dongeng yang mewakili kejahatan dan kegelapan abadi. Apabila Count disebut -sebut sebagai sesosok penghisap darah untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Sesosok lintah yang hanya bisa hidup sebagai parasit terhadap hidup manusia. Dracula merupakan cerminan sebuah jiwa yang terkutuk , sosok tubuh tanpa kehidupan , sosok makhluk pembawa bencana.
Sangat ironis sekali ketika beberapa waktu lalu membaca novel tersebut, meski belum selesai terbaca tapi sudah menciptakan suasana misteri yang sangat dalam . Anehnya hal itu timbul ketika sedang marak -maraknya berita mengenai kasus Bank Century dan aliran dana yang berjumlah besar . Jika kita mengikuti perjalanan berita -berita tersebut saya tertegun akan banyaknya kesamaan antara berita- berita itu dengan novel yang sedang saya baca.

CenturyMari kita lihat lebih jauh , ketika Kasus Sebuah Bank yang bermasalah mencuat akhir-akhir ini, seketika adegan pertemuan antara Jonathan Harker ,seorang Penasihat hukum muda yang ditugaskan untuk mengurus surat – surat kepemilikan tanah dan bangunan disebuah daerah dikota london dan Count Dracula sosok bangsawan dari sebuah daerah di eropa timur . Persamaan antara dua hal tersebut muncul ketika dalam perjalanan Jonathan Harker pergi untuk menemui sang Count misterius, Jonathan Harker dihadapkan pada banyak sekali misteri dan hal yang baru namun aneh baginya. Disetiap daerah yang dilaluinya semua orang berpandangan buruk, was- was, dan iba. Membawa rasa penasaran dan kengerian yang datang entah darimana selalu menghantui perjalanannya. Perasaan yang sama muncul ketika sebuah bank yang menjadi tempat penyimpanan uang para nasabah mengalami masalah. Rasa penasaran dan kengerian tentunya akan timbul mengingat ancaman kemiskinan didepan mereka karena ketidakjelasan dana yang mereka simpan. Masalah semakin memuncak ketika Jonathan Harker mulai merasakan keanehan- keanehan pada diri Count setelah beberapa hari hidup di Puri Dracula. Bayangan Count yang tidak tampak di cermin, perasaan curiga yang timbul karena hampir setiap jamuan makan Count tidak pernah sedikit pun terlihat menikmati makan bersama, kegelapan yang menaungi puri disertai lolongan binatang dimalam hari. Adegan klimaks pun terjadi pula ketika Bank yang bermasalah itu disokong oleh pemerintah , dengan dalih menyelamatkan perbankan di indonesia dari keterpurukan . Timbul rasa curiga pada masyarakat, akan keanehan tindakan P3K pemerintah tersebut. Kenapa sebuah bank kecil dengan reputasi yang tidak begitu menonjol harus disokong dengan dana bertrilyun- trilyun.
Ditambah pada perkembangannya , kasus bank ini menarik beberapa tokoh untuk masuk dalam lingkaran setan , saling tuduh , fitnah, dan hujat. Seperti ketika tangan -tangan jahat Count Dracula mulain menyentuh Mina Murray, calon istri nan anggun dan cantik dari Jonathan Harker yang diinginkan Count Dracula untuk menjadi pasangan / pengantin abadinya. Sehingga membuatnya menjadi terseret kedalam pesona Sang Count yang memabukkan. Sehingga kemudian harus berjuang demi hidupnya untuk selamat dari kejaran tangan berdarah Count Dracula. Agar tidak bernasib seperti Lucy teman Mina yang telah merasakan pesona mistis dari Sang Count sehingga membuatnya tidak manusiawi lagi.

Memang posting diatas hanya rekaan belaka , adapun kesamaannya merupakan bagian dari hasil pemikiran dan imajinasi seorang masyarakat awam. Yang sering dipertontonkan sinetron-sinetron kelas wahid, yang mampu menyedot jutaan permisa sehingga dapat menaikkan rating sebuah stasiun televisi. Dan sekalipun tidak bermaksud untuk lebih mengetahui atau lebih mengerti akan masalah- masalah yang ada. Hanya sebuah opini tanpa intrik dan maksud terbelusung , eh terselubung.:mrgreen:

  1. suruh turun aja deh si count, saya udah males!!

    (saya ngomongin count yang mana nih??!)

    weedeww, amnesia nih.. ckckckckck😀

  2. saya mo bales sedekah..😛

    saya terima nikah nya …eh mangaap saya terima mas kawinnya …waduh salah lagi , saya terima sedekahnya ..akhirnya bnerr..:mrgreen:

    • ludviii
    • December 3rd, 2009

    wehhhh,,apiiiiikikk mass !!

    ternyata dirimu memiliki bakat terpendem jadiii drakulaa !!
    *ehh,,penulis deng !!

    hehehehehe :))

    ha2 adeku sayank akhirnya nongol juga qaw diblog ka2kmu ni…😀 tq sis..

    • tary
    • December 3rd, 2009

    mampir dulu mas, blom sempet baca.blogwalking sambil siaran. hehehe

    😦 yah tary , kalo siaran ajak2 donk, biar kita2 juga bisa ikut ngartis ..:mrgreen:

  3. count dracula itu ganteng tapi nyeremin ya, mas….😀

    gantenk sih ga bgitu tapi yg bikin ce2 klepek2 dengan mudah itu pesona misterius, dingin, cuek dan tatapan matanya yg tajam., soale beberpa hal diantaranya bisa bikin ce2 penasaran…😈
    nah klo seremnya cuman pas giginya nongol aja .. he2:mrgreen:

  4. untung saya sedekahnya nggak di kua.. ckckckck

    wooww….. he2, ehem2:mrgreen:

  5. kalau drakula nya kek si Edward Cullen “twillight” aku gak nolak deh jadi korbannya hehehehe

    wah kebeneran ni .. coz drakulanya kaya akyu…:mrgreen: he2

  6. Suka merendahkan diri. Padahal tulisanmu bagus loh. ehm, si count itu kalo ga salah nama lengkapnya Edo Countdologit ya? pantes para cewek klepek2…Jago menyanyi!

    coz diantara 2 pilihan antara merendah dan nyombonk aku lebih milih yg kedua ..😀 wakakakkaaka bisa aja ni lia… (bener ga yah namanya ?? maap kalo salah n sok kenal.. tq 4 coming.)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: